Pengertian Stop Kontak

Pengertian Stop Kontak

Stop kontak merupakan salah satu komponen instalasi listrik yang berfungsi untuk mendistribusikan energi listrik dari instalai rumah ke beban (televisi,radio,kulkas,mesin cuci, pompa air, dan alat elektronik lainnya). Stop kontak juga biasa disebut dengan sebutan kotak kontak. Stop kontak dibagi menjadi 2 yaitu ;

1. Stop Kontak Biasa

KKB (kotak kontak biasa)

Stop kontak ini biasa disebut dengan KKB (kotak kontak biasa). Stop kontak ini digunakan untuk daya listrik yang relatif kecil pada instalasi rumah. Stop kontak ini lebih banyak digunakan dari pada stop kontak khusus, umumnya stop kontak ini digunakan untuk menyuplai listrik ke alat-alat elektronik seperti televisi,radio, atau kipas angin. Stop kontak ini tidak boleh digunakan untuk menghidupkan da mematikan alat-alat rumah tangga dengan daya lebih dari 2.000 watt atau lebih dari 16A.
Jika kita memasang stop kontak dengan ketinggian kurang dari 125cm, kita harus menggunaka pengaman (tutup), baik dengan cara diputar atau dengan cara yang lain untuk melindungi penghuni rumah dari bahaya tersengat listrik.

2. Stop Kontak Khusus

KKK (kotak kontak khusus)

Stop kontak ini biasa disebut juga dengan KKK (kotak kontak khusus) Stop kontal ini digunakan untuk daya listrik yang relatif besar. Pada instalasi rumah stop kontak ini hanya dipasang beberapa buah artinya kebutuhanya jauh lebih sedikit  daripada stop kontak biasa.
Contoh ; Stop kontak khusus untuk menyuplai listrik pada  AC.
 Dan berdasarkan cara dan bentuk pemasanganya, stop kontak khusus dapat di pasang di luar atau di tanam di dalam dinding.


0 Response to "Pengertian Stop Kontak"

Post a Comment