Macam-Macam Kabel Instalasi Beserta Pengertianya

Kabel

Kabel merupakan bagian penting pada instalasi listrik. Kabel berfungsi untuk menghantarkan energi listrik hingga ke beban penggunaan, seperti stop kontak lampu, kabel biasanya terbuat dari tembaga, tetapi ada juga yang terbuat dari aluminium dan saat ini sedang dikembangkan adalah campuran dari bahan serat keramik. Dalam pengemasanya ada kabel yang menggunakan isolasi dan ada yang tidak menggunakan isolasi.

  Pada permukaan kabel yang baik minimal tertera informasi berikut :
  • Tanda pengenal produsen
  • Jumlah dan Ukuran inti.
  • Tanda pengenal standart SNI atau SPLN

Macam-Macam Kabel Pada Instalasi Rumah 


1. Kabel NYM


 kabel NYM merupakan kabel udara (tidak digunakan ditanah) dan berisolasi PVC dengan selubung yang didalamnya terdapat lebih dari satu inti. Selubung luar kabel ini berwarna putih dan isolasi inti kabel berwarna beragam (biru,merah,kuning) kabel ini lebih banyak digunakan pada instalasi dalam rumah.

2. Kabel NYA

Kabel NYA



Seperti kabel NYM, kabel NYA juga merupakan kabel udara (tidak digunakan di tanah) dan berisolasi PVC dan berinti tunggal tanpa selubung. Sebenarnya kabel ini merupakan bagian inti kabel NYM, sehingga tidak memiliki selubung luar. maka dari itu kabel ini harus terpasang di atas roll isolator atau berada di dalam pipa kabel PVC agar terlindungi. Warna kabel NYA antara lain : biru, merah, hitam, dan loreng kuning-hijau.

3. Kabel NYY



Kabel NYY merupakan kabel tanah dan berisolasi PVC dengan selubung yang didalamnya terdapat lebih dari sati inti. Kabel NYY merupakan kabel yang dapat digunakan di dalam tanah. Warna selubung luarnya hitam dan warna isolasi intinya beragam (biru,hitam,merah,dan kuning hijau) kabel ini umumnya digunakan pada lampu taman dan lampu kolam.
  Demikian pembahasa tentang macam-macam kabel tanah beserta pengertianya. Semoga bermanfaat

baca juga pengertian dan fungsi MCB disini

0 Response to "Macam-Macam Kabel Instalasi Beserta Pengertianya"

Post a Comment