Pengertian dan Fungsi MCB

Pengertian MCB

MCB (Miniature Circuit breaker) adalah alat yang sudah tidak asing lagi untuk kita karna disetiap rumah atau bangunan"kecil  yang memakai arus listrik pastinya akan memakai MCB yang terletak pada PHB karna MCB adalah alat pengaman listrik. Oleh karna itu mari kita kupas dan kita bahas apa itu MCB ?
MCB (Miniatur Circuit breaker)


  MCB adalah komponen pengaman yang berfungsi untuk memproteksi arus lebih (over current) yang disebabkan terjadinya hubung singkat (short circuit) dan beban lebih (overload) . MCB berfungsi untuk memutus hubungan yang disebabkan beban lebih dengan menggunakan bimetal, dan pengaman hubungan pendek dengan relai arus lebih seketika menggunakan elektromagnet akan memutus hubungan kontak yang terletak pada pemadam busur dan akan membuka saklar.

box MCB


penggunaan MCB pada PHB (box MCB) digunakan untuk memproteksi hubungan pendek (konsleting) agar instalasi tetap aman. Selain itu, MCB pengaman arus juga berfungsi sebagai pembatas arus dan pembagi arus. Misal : rumah anda yang mempunyai  daya 4A lalu anda ingin membaginya menjadi dua seperti contoh kecil rumah bagian kanan sebesar 2A dan Bagian kiri 2A itu bisa anda lakukan dengan menggunakan MCB.
saat ini, MCB merupakan komponen pengaman yang paling banyak digunakan di rumah ukuran pengenalnya adalah 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A, dan 50A penggunaanya disesuaikan dengan daya atau beban listrik rumah tersebut.
Demikian informasi dari saya semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi MCB"

Post a Comment